Gejala kekurangan Zat Besi atau Anemia

Jika sudah kekurangan begini, risiko anemia semakin besar dan tubuh akan memberi tahu Anda bahwa ia butuh asupan zat besi. Beberapa tanda Anda kekurangan zat besi bisa diamati melalui beberapa kondisi tubuh.

Seperti dikutip dari health.com, berikut ini beberapa tandanya.

Gejala kekurangan Zat Besi atau AnemiaGejala kekurangan zat besi ini bisa dirasakan, walaupun kondisi tersebut belum berkembang menjadi anemia.

Anda lelah

Gejala paling umum saat tubuh kekurangan zat besi adalah merasa lelah. Semua orang akan merasa lelah setelah beraktivitas, namun Anda jadi lebih mudah lelah dari biasanya. Namun perempuan terkadang sudah terbiasa dengan rasa lelah ini, jadi agak sulit membedakan apakah ia sehat atau berpura-pura sehat.

Rasa lelah seringkali diabaikan, padahal kekurangan zat besi bisa berakibat pada kekurangan oksigen yang membuat otak dan organ tubuh bekerja tidak optimal. Kelelahan juga bisa membuat Anda lebih irritable atau mudah tersinggung, lesu dan pusing.

Rambut rontok

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan rambut rontok. Zat besi bukan hanya untuk mengikat oksigen dalam darah, namun juga menguatkan akar rambut. Karena kurangnya asupan oksigen pada rambut, rambut jadi lebih mudah rontok.

Anda mudah terengah-engah

Tidak peduli seberapa dalam Anda menarik nafas, Anda akan mudah terengah-engah karena kadar oksigen dalam tubuh rendah. Jika Anda merasa cepat terengah-engah saat menaiki tangga yang biasanya Anda lewati dengan mudah, maka bisa jadi Anda kurang olahraga atau kekurangan zat besi.

Mengalami menstruasi yang berat

Salah satu penyebab kurangnya zat besi adalah karena Anda mengalami menstruasi yang berat dan menyakitkan. Karena Anda kehilangan darah sangat banyak, beberapa zat besi juga ikut terbuang. Menstruasi normal hanya akan mengeluarkan darah tidak lebih banyak dari 4 sendok makan darah saja. Jika Anda merasa cepat lelah atau pusing saat menstruasi, segera konsumsi makanan kaya zat besi atau suplemen penambah darah.

Kekurangan zat besi yang berkembang menjadi anemia mungkin bisa didasari oleh adanya kondisi kesehatan lain. Oleh karena itu, jika gejala-gejala diatas tak kunjung membaik setelah Anda mengkonsumsi makanan tinggi zat besi, sebaiknya melakukan check-up ke klinik kesehatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s