Masalah Ketiak Hitam Bagi Wanita Hamil dan Solusinya

Masalah Ketiak Hitam Bagi Wanita Hamil dan Solusinya

Masalah Ketiak Hitam Bagi Wanita Hamil dan Solusinya

Saat seorang ibu ditimpa kehamilan, berbagai masalah kesehatan bisa saja terjadi, mulai dari masalah kesehatan yang kecil sampai masalah kesehatan yang lumayan besar, hal ini disebebkan oleh perubahan-perubahan yang terjadi pada sistem kerja tubuh mulai dari sistem pencernaan, ekskresi dan sistem-sistem kerja tubuh yang lainnya.

Sebagai contoh sederhana, yang dahulunya asupan makanan yang dibutuhkan oleh ibu hanya untuk mencukupi si ibu itu sendiri, nah sekarang setelah mengalami kehamilan, asupan makanan yang harus di supplay harus melebihi untuk satu orang, harus memenuhi kebutuhan nutrisi untuk dua orang, ini adalah satu contoh sederhana saja, begitu pula dari segi berat badan, yang dahulunya faktor berat badan hanya terhitung dari bobot badan si ibu, sekarang berat badan itu juga harus dihitung dari bobot si janin yang masih berada di dalam perut ibunya.

Salah satu masalah kesehatan yang berkaitan dengan kulit yang sering menimpa ibu hamil adalah masalah ketiak hitam , masalah ini menjadi masalah umum yang biasanya menimpa ibu hamil, ketiak hitam pada ibu hamil ini biasanya timbul sebagaimana yang kami paparkan tadi disebabkan oleh perubahan metabolism yang dialami oleh sang ibu, baik berupa perubahan hormonal pada si ibu yang hamil itu sendiri, adapun untuk cara mengatasi dan menghilangkannya adalah dengan menggunakan cara dan tips-tips sederhana di bawah ini:

Dengan Menggunakan Mentimun

Mentimun sebenarnya bisa digunakan sebagai alat pemutih tubuh, termasuk masalah ketiak hitam bagi ibu hamil ini, caranya ambillah sebutir mentimun, haluskan atau bisa juga diblender, gosokkan pada bagian kulit yang mengalami penghitaman khususnya ketiak pada ibu hamil itu, segera anda bilas setelah anda biarkan kurang lebih selama tiga puluh atau enam puluh menit lamanya.

Memanfaatkan Pepaya

Salah satu alternatif cara mengatasi ketiak hitam saat hamil adalah :ambillah satu buah pepaya yang tidak terlalu matang atau bisa juga yang masih mengkal, kupas pepaya tadi, kemudian segera anda haluskan, setelah halus maka tempelkan hasil tumbukan pepaya yang telah halus tadi ke bagian ketiak yang menghitam, biarkan kurang lebih selama setengah jam atau 30 menit, lakukan hal ini secara rutin dan kontinyu, temukan hasilnya.

Menggunakan Rempah Berupa Tawas

Cara penggunaannya bisa dikatakan sangat sederhana, ambillah sebutir tawas, kemudian taruhlah di air panas selama kurang lebih 3o menit, setelah itu bisa anda tempelkan pada ketiak yang kehitam-hitaman saat hamil tadi, lakukan secara rutin dan temukan hasilnya.

Demikianlah ulasan tentang masalah ketiak yang hitam saat hamil dan cara mengatasinya dengan obat tradisional yang alami.

Ternyata Makan Malam Bikin Bodoh

Ternyata Makan Malam Bikin Bodoh

Alasan utama menghindari makan malam biasanya karena sedang diet, tidak mau berat naik atau tidak ingin perut buncit.

Peneliti dari The University of California, Los Angeles menemukan alasan lain mengapa Anda harus menjaga pola makan di malam hari dan menghindari camilan tidak sehat menjelang tidur. Dikutip dari newshealthmax.com, penelitian ini menunjukkan bahwa makan larut malam bisa mengganggu jam internal tubuh. Di saat tubuh Anda sudah dalam kondisi siap tidur, justru tubuh harus bekerja lebih keras karena harus mengolah makanan yang Anda nikmati.

Para ilmuwan berpendapat bahwa hal ini dapat mengacaukan fungsi memori dan kognitif seseorang. Setiap manusia sudah memiliki rancangan jam tubuh, ketika waktunya tidur, maka tidurlah. Yang disayangkan, kehidupan modern mengacaukan pola yang sudah ada dalam tubuh manusia. Jadwal kerja yang tidak tentu, browsing sampai lupa waktu dan menganggap tidur tidak penting justru akan menggerogoti kesehatan secara perlahan.

Sistem biologis kita sudah memiliki pola, mereka bekerja berdasarkan ritme dan pola tertentu, ujar Christopher Colwell, salah satu peneliti.

Sering makan terlalu malam dan ngemil menjelang tidur, selain mengacaukan fungsi memori dan kognitif, juga akan membuat tubuh bermasalah dengan sistem kekebalan tubuh. Risiko diabetes tipe 2 juga bisa meningkat jika kebiasaan ini terus dilakukan.

Jadi perhatikan jam makan malam Anda. Makanlah setidaknya 2-3 sebelum tidur, agar tubuh Anda tidak bekerja terlalu berat di saat dia butuh beristirahat.

4 Manfaat Makan Ubi Mendukung Diet Sehat Anda

4 Manfaat Makan Ubi Mendukung Diet Sehat Anda

Banyak cara yang dapat dilakukan utuk menurunkan berat badan, namun mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur adalah pilihan paling baik. Apabila Anda bingung memilih makanan sehat apa yang dapat dijadikan menu diet sehari-hari, makan ubi dapat diterapkan setiap hari.

Dilansir dari healthmeup.com, karena memiliki banyak kandungan sehat, makan ubi bisa mendukung cara diet Anda. Kandungan gizi yang terdapat pada ubi  antara lain adalah:

Karbohidrat

Jika Anda ingin tetap kenyang namun tidak berlebihan mengonsumsi karbohidrat, maka ubi adalah pilihan yang sangat baik. Karena kandungan karbohidrat dalam ubi lebih rendah dari kentang.

Vitamin dan kalium/potasium

Ubi merupakan salah satu sumber vitamin A, vitamin C, kalium, B6, riboflavin, asam folat dan berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Bahkan kalium dalam ubi lebih banyak dari pisang. Kalium sendiri sangat diperlukan untuk kesehatan jantung, tekanan darah tinggi, kesehatan tulang dan otak.

Air

ubi juga memiliki air yang membantu melancarkan pencernaan, meski memang tidak sebanyak yang dimiliki buah semangka atau pir.Namun Karena biasa dikonsumsi saat matang, ubi juga menunjang Anda untuk minum lebih banyak karena serat dan tekstur ubi yang padat, membuat Anda cepat haus.

Serat

Ubi sangat baik untuk diet karena kaya serat. Jika Anda membelah ubi yang matang, terlihat jelas bahwa serat ubi sangat banyak, namun tetap lembut dan manis. Bukan hanya membuat perut kenyang lebih lama, serat juga baik membersihkan zat sisa di dalam pencernaan.

Tips mengatur Diet Sehat namun tetap Makan Enak

Ide utama diet adalah untuk menjaga kesehatan. Kesehatan dan porsi badan yang ideal akan mengikutinya apabila Anda mengatur pola makan dengan baik.

Tips mengatur Diet Sehat namun tetap Makan Enak

Dirangkum oleh patient.co.uk. berikut ini tips mengatur diet sehat namun tetap makan enak:

1. Makan banyak buah dan sayur untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner. Konsumsilah paling sedikit 5 porsi buah dan sayur sehari dan variasikan jenisnya setiap hari.

2. Kurangi konsumsi garam (paling banyak 6 gram sehari), dan juga lemak .

3. Banyak minum air putih. Jumlah yang direkomendasikan adalah 6-8 gelas airp putih sehari. Selain itu, konsumsi minuman bersoda, alcohol, atau yang mengandung kafein yang berlebihan sebaiknya dikurangi.

4. Jangan lewatkan sarapan karena itulah sumber utama energi Anda seharian. Jika Anda melewatkan sarapan, Anda akan cenderung ngemil dan itu adalah ide yang sangat buruk.

5. Makanan utama harus mengandung zat tepung dan serat seperti nasi, roti, jagung, pasta, kentang, atau gandum. Gandum utuh adalah sumber zat tepung dan mengandung banyak serat untuk meredakan konstipasi.

6. Tambahkan konsumsi ikan, paling sedikit 2 porsi setiap minggunya. Untuk asupan protein, Anda juga dapat mengkonsumi daging dan telur.

7. Selalu aktif dan jaga berat badan dengan berolahraga teratur.
Sering makan terlalu malam dan ngemil menjelang tidur, selain mengacaukan fungsi memori dan kognitif, juga akan membuat tubuh bermasalah dengan sistem kekebalan tubuh. Risiko diabetes tipe 2 juga bisa meningkat jika kebiasaan ini terus dilakukan.

Jadi perhatikan jam makan malam Anda. Makanlah setidaknya 2-3 sebelum tidur, agar tubuh Anda tidak bekerja terlalu berat di saat dia butuh beristirahat

 

Gejala kekurangan Zat Besi atau Anemia

Jika sudah kekurangan begini, risiko anemia semakin besar dan tubuh akan memberi tahu Anda bahwa ia butuh asupan zat besi. Beberapa tanda Anda kekurangan zat besi bisa diamati melalui beberapa kondisi tubuh.

Seperti dikutip dari health.com, berikut ini beberapa tandanya.

Gejala kekurangan Zat Besi atau AnemiaGejala kekurangan zat besi ini bisa dirasakan, walaupun kondisi tersebut belum berkembang menjadi anemia.

Anda lelah

Gejala paling umum saat tubuh kekurangan zat besi adalah merasa lelah. Semua orang akan merasa lelah setelah beraktivitas, namun Anda jadi lebih mudah lelah dari biasanya. Namun perempuan terkadang sudah terbiasa dengan rasa lelah ini, jadi agak sulit membedakan apakah ia sehat atau berpura-pura sehat.

Rasa lelah seringkali diabaikan, padahal kekurangan zat besi bisa berakibat pada kekurangan oksigen yang membuat otak dan organ tubuh bekerja tidak optimal. Kelelahan juga bisa membuat Anda lebih irritable atau mudah tersinggung, lesu dan pusing.

Rambut rontok

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan rambut rontok. Zat besi bukan hanya untuk mengikat oksigen dalam darah, namun juga menguatkan akar rambut. Karena kurangnya asupan oksigen pada rambut, rambut jadi lebih mudah rontok.

Anda mudah terengah-engah

Tidak peduli seberapa dalam Anda menarik nafas, Anda akan mudah terengah-engah karena kadar oksigen dalam tubuh rendah. Jika Anda merasa cepat terengah-engah saat menaiki tangga yang biasanya Anda lewati dengan mudah, maka bisa jadi Anda kurang olahraga atau kekurangan zat besi.

Mengalami menstruasi yang berat

Salah satu penyebab kurangnya zat besi adalah karena Anda mengalami menstruasi yang berat dan menyakitkan. Karena Anda kehilangan darah sangat banyak, beberapa zat besi juga ikut terbuang. Menstruasi normal hanya akan mengeluarkan darah tidak lebih banyak dari 4 sendok makan darah saja. Jika Anda merasa cepat lelah atau pusing saat menstruasi, segera konsumsi makanan kaya zat besi atau suplemen penambah darah.

Kekurangan zat besi yang berkembang menjadi anemia mungkin bisa didasari oleh adanya kondisi kesehatan lain. Oleh karena itu, jika gejala-gejala diatas tak kunjung membaik setelah Anda mengkonsumsi makanan tinggi zat besi, sebaiknya melakukan check-up ke klinik kesehatan.